Wednesday, June 22, 2011

TINABO, pulau kecil yang indah di Selayar






Pulau Tinabo adalah salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar, yang masuk dalam gugusan kepulauan Takabonerate. Saya berkunjung ke pulau ini pada tahun 2009 pada saat acara Takabonerate expedition. Pulau ini sebenarnya tidak berpenghuni, namun oleh pemerintah daerah telah dibangun pondok kerja untuk para pencinta lingkungan, khususnya pelestarian terumbu karang (coral reefs). Pulau Tinabo paling sering dikunjungi oleh para peneliti, mahasiswa, pencinta alam, diver (penyelam), dan pemerhati terumbu karang lainnya.

Keindahan pulau ini sulit digambarkan dengan kata kata. Saya hanya bisa mengatakan bahwa inilah pulau terindah yang pernah saya datangi. Pasirnya putih bersih dan sangat halus. Pasirnya benar benar berwarna putih, bukan warna kuning seperti pantai Bira di Bulukumba, atau pantai Kuta di Bali. Pulau ini kecil dan anda bisa kelilingi hanya dalam hitungan menit, tidak sampai satu jam. Disini keindahan terumbu karang juga dapat disaksikan tanpa perlu menyelam, karena semua ada disekeliling pulau, dan dibawah dermaga . Terumbu karang ini ditanam, dipelihara dan dilestarikan oleh para pencinta alam. Saya sendiri baru pertama kali melihat keindahan terumbu karang disini. Bukan hanya terumbu karang yang berwarna warni, ikan ikan hias juga banyak disini dan dapat disaksikan dengan mata telanjang berenang renang disela sela dedaunan tumbuhan laut dan terumbu karang. Sungguh mengagumkan.

Mengapa pulau ini tetap terjaga keasriannya dan keindahannya? Mungkin karena letaknya yang agak jauh dari pulau pulau yang berpenghuni. Tidak jauh dari pulau Tinabo ini, juga ada pulau tak berpenghuni lainnya, dimana sebatang kelapa tumbuh ditengah tengah rimbunan semak, mirip dengan gambar wallpaper yang sering menghiasi komputer.Pulau Rajuni adalah pulau berpenghuni yang terdekat dari pulau ini. Penduduk pulau Rajuni ternyata kebanyakan adalah orang Bugis dari Sinjai. Pulau Rajuni ini juga sangat indah, namun karena sudah berpenghuni, meski tidak banyak, maka biota lautnya tidak sebagus dengan yang ada di Pulau Tinabo.

Gambar: foto kiki108multiply.com dan koleksi pribadi

1 comment:

  1. tiabo 1,2 dan 3 tidak perah terjual sm siapapun..
    by makassar

    ReplyDelete